Membuat objek dengan OPEN GL



OPEN GL



1. Membuat object Garis dengan tampilan,ketebalan dan warna yang berbeda.

·      Garis Vertikal



/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();             [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);     [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);                 [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);

·         Garis Horizontal



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glLineWidth(5.0f); [Membuat ukuran ketebalan garis]
glClearColor(1,1,1,0);  [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [untuk menentukan warna pada garis/titik]
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd();             [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);

·         Garis Diagonal 1



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); 
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glLineWidth(7.0f);  [Membuat ukuran ketebalan garis]
glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,0); //       [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        [ untuk menentukan warna garis/titik yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);


·         Garis Diagonal 2



glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); 
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();           [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glLineWidth(7.0f);  [Membuat ukuran ketebalan garis]
glClearColor(1,1,1,0);   [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,0); //       [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);        [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);        [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan warna garis/titik yang digunakan ]
glVertex3f(1.1, 0.3, 0.1);    [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();              [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();  [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);


2.    Membuat object Lingkaran/elips dengan tampilan,panjang jari,ketebalan dan warna yang berbeda.
·         Lingkaran 1
              

·         Lingkaran 2





·         Oval 1

 
 





·         Oval 2




3.    Membuat object POLYGON dengan ketebalan,warna tepi, dan warna yang berbeda.
·         Persegi 1
 


·         Persegi 2


·         Segitiga 1

 


·         Segitiga 2


·         Segienam 1
 



·         Segienam 2




2. Membuat object POLYHEDRAL dengan OpenGL.

 





hasil Polyhedral dengan Open GL



Dibuat oleh :
- Alib Prafikasari(50416590)
-Candra Cipto. N(51416516)
-Hendra Yustiawan(53416265)
-Ilham Akbar. G(53416415)
-Mahpudin(54416232)
-M. Alfath Rayhan(54416693)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Jurnal : PEMANFAATAN CLOUD GIS UNTUK PEMETAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DI PT. GEOTAMA ENERGI

SENI ANIMASI

ANALISIS JURNAL : The Geographic Information System Based on Distributed Parallel Computation