Membuat objek dengan OPEN GL
OPEN GL
1. Membuat object Garis dengan
tampilan,ketebalan dan warna yang berbeda.
· Garis
Vertikal
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan
warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk menentukan
titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); [
untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar
bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
·
Garis
Horizontal
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih
warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan
layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glLineWidth(5.0f); [Membuat ukuran ketebalan garis]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan
warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk menentukan
warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [untuk menentukan warna pada garis/titik]
glVertex3f(-0.6f, 0.0f,
0.0f); [ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f,
0.0f); [
untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
·
Garis
Diagonal 1
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan
layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glLineWidth(7.0f); [Membuat ukuran
ketebalan garis]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan
warna garis/titik]
glColor3f(1,1,0); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f); [
untuk menentukan warna garis/titik yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
·
Garis
Diagonal 2
glClearColor (0.0f, 0.0f,
0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan
layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix (); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glLineWidth(7.0f); [Membuat ukuran ketebalan
garis]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan
warna garis/titik]
glColor3f(1,1,0); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan warna garis/titik yang digunakan ]
glVertex3f(1.1, 0.3, 0.1); [ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
2.
Membuat object Lingkaran/elips
dengan tampilan,panjang jari,ketebalan dan warna yang berbeda.
·
Lingkaran
1
·
Lingkaran
2
·
Oval 1
·
Oval 2
3.
Membuat object POLYGON dengan
ketebalan,warna tepi, dan warna yang berbeda.
·
Persegi
1
·
Segienam
1
hasil Polyhedral dengan Open GL
Dibuat oleh :
- Alib Prafikasari(50416590)
-Candra Cipto. N(51416516)
-Hendra Yustiawan(53416265)
-Ilham Akbar. G(53416415)
-Mahpudin(54416232)
-M. Alfath Rayhan(54416693)
Komentar
Posting Komentar